Kepulauan Selayar yang merupakan salah satu surga wisata yang ada di kepulauan Indonesia. Lokasi wisata Selayar yang terbilang sulit untuk diakses bukan menjadi alasan para wisatawan untuk absen datang ke sini. Terbukti sepanjang tahun pariwisata di kepulauan Selayar tidak pernah sepi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal dari berbagai daerah, hingga wisatawan mancanegara. Beberapa pilihan akses untuk mencapai pulau Selayar yang dapat Anda pilih di antaranya :

Moda angkutan darat dan laut

Bagi Anda yang bertempat tinggal di pulau Sulawesi atau tak jauh dari kepulauan Selayar, moda angkutan darat dapat menjadi pilihan. Anda dapat memulai perjalanan dengan naik bus atau angkutan umum lainnya yang memiliki rute Makassar – Selayar. Untuk mendapatkan angkutan umum dengan rute ini Anda dapat naik melalui terminal angkutan umum Mallengkeri Makassar. Bus dengan rute Makassar – Selayar ini akan melewati beberapa kabupaten sebelum akhirnya sampai di pelabuhan Bira dan melakukan penyeberangan dengan kapal feri. Perjalanan yang perlu Anda tempuh dengan bus atau angkutan darat ini adalah sekitar 7 – 8 jam hingga sampai di pelabuhan Bira.

Sesampainya di pelabuhan Bira Anda akan melanjutkan perjalanan ke Selayar dengan kapal feri menuju ke pelabuhan Pamatata Selayar dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Untuk waktu pelayaran feri yang melayani rute Bira – Pamatata dan sebaliknya, ada 2 jadwal setiap harinya, yaitu pelayaran pagi yang berangkat sekitar pukul 08.00 WITA, baik dari pelabuhan Bira maupun pelabuhan Pamatata, dan pelayaran sore yang berangkat sekitar pukul 16.00 WITA dari pelabuhan Bira dan pukul 14.00 WITA dari pelabuhan Pamatata.

Moda angkutan udara

Perjalanan ke lokasi wisata Selayar juga dapat Anda tempuh dengan menggunakan moda transportasi udara. Angkutan udara sering menjadi pilihan bagi para wisatawan yang berdomisili jauh dari kepulauan Selayar. Selain lebih nyaman, perjalanan dengan angkutan udara tentu dapat meringkas waktu perjalanan sehingga Anda tidak akan kelelahan sebelum memulai perjalanan liburan. Anda dapat memilih perjalanan ke Selayar dengan naik pesawat terbang. Salah satu maskapai penerbangan yang melayani rute Makassar – Selayar adalah Wing Air. Perjalanan ini relatif lebih singkat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit saja. Bagi Anda yang memilih menggunakan transportasi udara, Anda perlu mengetahui dengan pasti jadwal keberangkatannya agar perjalanan liburan tetap nyaman.

Pilihan lokasi wisata Selayar yang menarik dikunjungi
Sulit dan jauhnya akses yang perlu Anda tempuh untuk menuju ke kepulauan Selayar akan terbayar tuntas saat Anda melihat keindahan alam dan laut yang ada di sini. Selayar menyimpan banyak lokasi wisata Selayar yang menarik untuk Anda kunjungi. Tak hanya pantai dan laut, kepulauan Selayar juga menjadi surga bagi Anda yang menyukai wisata alam seperti gunung, goa hingga air terjun. Beberapa lokasi wisata menarik di Selayar antara lain :

Pantai Punaagang

Lokasi pantai Punagaang berasa di desa Laiyolo, kecamatan Bontosikuyu. Pantai yang berada di sisi timur Selayar ini memiliki pasir pantai berwarna putih yang bercampur dengan pasir hitam. Di pantai ini Anda dapat menikmati berbagai kegiatan, mulai dari berjemur, berperahu, memancing hingga diving.

Air terjun Patikore

Bosan dengan pantai, Anda dapat mengunjungi lokasi wisata Selayar satu ini. Letaknya ada di 20 kilometer dari kota Benteng Selayar. Air terjun ini berada di atas bukit yang mengarah ke area pantai, sehingga tak hanya menikmati kesegaran air terjun Patikore, Anda juga akan disuguhkan panorama indah berupa garis pantai yang terlihat dari kejauhan.

Pa’baddilang

Lokasi wisata Selayar satu ini merupakan pantai yang ada di tepi desai Bugaiya, Kecamatan Bontomate’ne. Pantai Pa’baddilang memiliki karakteristik tebing karang pada sisi timur dengan hamparan pasir putih di area pantainya. Bila Anda berkunjung kesini, disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri, karena di Pa’baddilang belum ada sarana penginapan.