Selayar, atau tepatnya kabupaten Selayar, adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan. Atau lebih tepatnya, Selayar ini adalah salah satu kepulauan yang ada di Sulawesi Selatan. Jika dihitung jaraknya dari Ibukota Sulawesi Selatan yaitu Makasar, kurang lebih sekitar 200 meter. Untuk sampai ke Selayar dari Makassar, dapat ditempuh dengan berbagai macam cara, mulai dari transportasi darat lalu menyebrang menggunakan kapal ferry atau sewa kapal Selayar, atau bahkan menggunakan pesawat terbang.

Aneka Rute dari Makassar ke Selayar

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, untuk sampai ke Selayar ini, Anda dapat menggunakan 2 buah moda transportasi, yaitu menggunakan kapal ferry, atau menggunakan pesawat terbang.
Apabila Anda hendak bepergian menggunakan pesawat terbang, maka rute yang akan ditempuh adalah Sultan Hasanuddin Makassar – H. Aroppala Selayar. Kali ini, Anda akan menggunakan pesawat berukuran kecil, dan rute penerbangan sendiri hanya akan berlangsung selama 1 kali dan membutuhkan waktu 40 menit perjalanan.

Karena rute yang cukup terbatas ini, harga tiketnya sedikit lebih mahal, dan tiket pun cepat sekali habis.
Lain halnya jika Anda menggunakan kapal ferry untuk sampai ke pulau Selayar. Kali ini Anda dapat memilih salah satu dari 2 rute yang ada, yaitu Pelabuhan Bira (Sulawesi Selatan) – Pelabuhan Pamatata (pulau Selayar), dengan durasi 2 kali penyebrangan, yaitu pada pagi dan sore hari. 2 rute ini, menggunakan 2 kapal yang berbeda, yaitu KMP Lestari dan KMP Bontoharu. Waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam. Namun waktu tempuh dari Pelabuhan Pamatata ke Benteng, atau ibukota dari Selayar, akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Bagaimana cara sewa kapal

Kepulauan Selayar ini terkenal akan berbagai objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi, baik di ibukota Selayar, dan kepulauan lain di sekitarnya. Apabila Anda ingin berwisata di ibukota Selayar, pastinya tidak sulit. Yang harus Anda lakukan hanyalah menyewa salah satu jenis kendaraan yang ada, baik itu roda 4 atau roda 2.
Akan tetapi, lain halnya, jika Anda ingin berkeliling mengunjungi aneka objek wisata yang ada di pulau lain di sekitar Selayar. Kali ini, Anda harus menyewa perahu. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk sewa kapal Selayar itu sendiri, yaitu :

• Mengunjungi pelabuhan secara langsung

Kali ini, Anda dapat langsung mengunjungi pelabuhan Pattumbukang, kec Bontosikuyu, kab Selayar. Di lokasi ini, Anda dapat memilih salah satu dari beberapa jenis kapal untuk menuju pantai Pinang, atau tujuan lainnya. Kapal yang akan Anda gunakan kali ini adalah kapal kayu, sedangkan tarif sewa kapal ini cukup beragam. Kali ini, Anda dapat menegosiasikan harga kapal dengan pemilik kapal secara langsung. Harga tarif yang diberikan biasanya termasuk bahan bakar, jadi Anda tidak perlu membeli bahan bakar lagi.
Sedikit tips ketika Anda hendak memilih salah satu kapal yang ada, sebaiknya cari tahu harga rata-rata sewa kapal, lalu cek kondisi kapal, dan pastikan kondisi kapal baik. Lalu tentukan kapal yang akan disewa.

• Mengunjungi pusat pariwisata di kepulauan Selayar

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menyewa kapal di Selayar adalah dengan mengunjungi pusat kepariwisataan kepulauan Selayar. Disini Anda dapat langsung menentukan kemana kapal akan disewa, dan selama berapa lama.
Pihak Pariwisata kepulauan Selayar ini, tentunya sudah memiliki beberapa data, tentang aneka kapal warga yang disewakan. Lengkap dengan tarif harga yang diberikan dan no telponnya. Misalnya saja Anda hendak berwisata dari Pelabuhan Pattumbukang, kepulauan Selayar, atau 6 jam dari pelabuhan Rauf Rahman, Benteng. Harga sewa kapal yang akan ditawarkan, rata-rata sekitar 4 jutaan, dengan jangka waktu selama 4 hari.
Ukuran kapal kayu yang disewakan ini, terbilang cukup besar, dan mampu menampung sekitar 10 hingga 15 orang.
Jadi ketika Anda ingin menyewa kapal perahu untuk berkeliling kepulauan Selayar, ada baiknya jika tidak menyewanya seorang diri, melainkan bersama rombongan atau teman-teman lainnya, sehingga harga yang sewanya dapat dipecah, dan pastinya tidak terlalu mahal.

Apabila Anda masih merasa bingung dengan sewa kapal Selayar ini, ada baiknya jika mengunjungi salah satu travel yang ada. Dengan demikian, pihak tour akan menyiapkan kapal yang tepat, dan sesuai dengan apa yang diinginkan.