Kepulauan Selayar tak hanya memiliki wisata pantai dengan pemandangan memukau, tetapi juga beragam wisata alam Selayar yang sayang bila Anda lewatkan begitu saja. Selain beberapa wisata alam yang telah dikenal luas sebelumnya, ada beberapa wisata alam yang baru dikenalkan juga oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan, yang semakin memperkaya potensi wisata di wilayah ini. Beberapa wisata alam Selayar yang indah dan menarik untuk dikunjungi di antaranya :

Kampung Penyu

Wisata alam Selayar yang cukup menjadi sorotan dan adalah Kampung Penyu. Kampung penyu ini merupakan pusat perawatan dan penetasan penyu di Selayar Yang dikelola kelompok konservasi setempat. Kampung penyu ini dapat Anda temukan di desa Barugaia, kecamatan Bontomanai. Bagi Anda para wisatawan yang datang berkunjung ke sini, Anda dapat melihat proses pelestarian penyu secara lebih dekat, bahkan dapat berkesempatan untuk ikut melakukan aksi pelepasan penyu ke laut pada saat sunset di pulau Selayar sisi barat.

Batu Lohe

Wisata alam selanjutnya adalah Batu Lohe. Batu Lohe ini terletak di dusun Balang Butung, Selayar. Meski belum seterkenal objek – objek wisata lainnya, Batu Lohe ini menyimpan keindahan yang tak kalah menakjubkan, lho. Kawasan ini dulunya merupakan kawasan pelabuhan yang paling ramai pada masa penjajahan Belanda. Tak hanya menjadi saksi bisu dunia kemaritiman Indonesia, Batu Lohe memiliki pemandangan unik berupa batu alam yang menyerupai dinding yang terpahat secara alami. Adanya pahatan – pahatan ini bahkan memungkinkan Anda untuk mendakinya dan duduk pada posisi batu yang lebih tinggi.

Goa Balojaha

Goa Balojaha merupakan salah satu pilihan wisata alam Selayar lainnya. Goa ini dapat Anda temukan bila Anda berkunjung ke pulau Pasi. Keindahan dari gua ini bukan hanya dari struktur batuan goanya yang indah dengan bentuk semi vertikal yang terbentuk dari batuan kapur yang relatif licin, namun juga karena adanya kolam alami yang ada di tengah goa. Airnya yang jernih dan segar tentu saja mengundang para wisatawan untuk mencoba berenang di dalamnya. Tetapi, seperti halnya wisata alam yang lain, saat berkunjung ke sini para wisatawan harus selalu berhati – hati dan tetap menjaga kealamiannya agar goa Balojaha tetap lestari dan dapat dinikmati keindahannya bertahun – tahun ke depan.

Puncak Pusera

Bosan dengan wisata laut dan pantai di kepulauan Selayar? Selayar masih memiliki berbagai wisata alam menarik lain, salah satunya adalah Puncak Pusera. Bagi Anda yang gemar mendaki dan menikmati pemandangan dari ketinggian, destinasi wisata Selayar satu ini dapat menjadi pilihan tepat. Kawasan ini merupakan puncak paling tinggi yang ada di Kepulauan Selayar. Dari atas puncak Pusera ini, Anda dapat melihat pemandangan alam di wilayah pantai timur kepulauan Selayar. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahannya melalui lensa kamera milik Anda, ya.

Air Terjun Jammeng

Jika Anda ingin mengunjungi wisata alam Selayar lainnya yang tak kalah menarik, Anda dapat berkunjung ke air terjun Jammeng, atau yang sering disebut penduduk sekitar dengan nama Ohe Gonggong. Air terjun yang berlokasi di kecamatan Bontosikuyu, Selayar ini merupakan objek wisata yang menarik yang memungkinkan Anda untuk bermain air atau basah – basahan dengan teman atau keluarga. Air jernih dan segar yang mengalir di air terjun Jammeng ini nantinya bermuara di pantai timur kepulauan Selayar.

Opu Karajeng

Wisata alam Selayar lainnya adalah Opu Karajeng. Tempat wisata dengan nama unik ini adalah berupa tebing yang menjorok ke bibir pantai. Opu Karajeng dapat Anda temukan di Barat Lambongan, Kecamatan Bontomatane, Kepulauan Selayar. Di tebing ini, Anda tak hanya dimanjakan dengan pemandangan indah yang dapat menjadi objek bidikan kamera Anda, namun juga beragam aktivitas menarik. Di Opu Karajeng, Anda dapat melakukan jogging, pendakian, hingga menikmati indahnya sunset dari ketinggian. Benar – benar tempat yang lengkap, bukan?

Call Now
WhatsApp