Kepulauan Selayar yang masuk ke dalam Provinsi Sulawesi Selatan ini dapat dikatakan sebagai salah satu surga bahari di Indonesia. Hal ini karena wisata bahari Selayar sangat beragam dan memiliki potensi untuk dikembangkan lebih besar lagi menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. Beberapa potensi wisata bahari yang ada di pulau Selayar ini di antaranya adalah :

Baloiya

Salah satu wisata bahari Selayar yang cukup terkenal baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing adalah Baloiya. Bagi Anda yang gemar menikmati suasana tenang dan keindahan pantai seperti yang ada di Tanah Lot Bali, Baloiya pun memilikinya. Karakteristiknya yang mirip dengan Tanah Lot, berupa batuan karang yang muncul di beberapa bagian perairan dangkal membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi para wisatawan yang telah bosan mengeksplor Bali dan ingin mencoba pengalaman wisata yang lain. Tak kalah dengan wisata bahari lainnya, di Baloiya Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas. Selain bersantai menikmati keindahan pantai dan alamnya saat sunset, Anda dapat pula memancing atau berolahraga air seperti snorkeling hingga diving. Menarik, bukan?

Taman Nasional Taka Bonerate

Mengunjungi Selayar sudah barang tentu Anda juga harus berkunjung ke Taman Nasional (TN) Taka Bonerate. Nama Taka Bonerate sendiri memiliki arti koral yang bertumpuk di pasir. Taka Bonerate ini merupakan kawasan terumbu karang atol (cincin) yang terluas di Asia Tenggara, dan masuk dalam peringkat ketiga didunia, setelah Kwajifein (Kepulauan Marshall) dan Suvadiva (Kepulauan Maladewa). Kawasan ini memiliki biodiversitas yang sangat tinggi, yang merupakan habitat bagi beragam biota laut yang dilindungi.

Kawasan Taman Nasional ini memiliki setidaknya 26 titik selam yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu yang paling terkenal adalah Jinato Paradise Wall yang merupakan titik selam yang ramah bagi pemula. Bagi Anda yang menyelam di area ini, Anda dapat menikmati keindahan berbagai terumbu karang hingga berbagai biota laut yang tinggal di dalamnya.

Pulau Bahuluang

Ingin mengetahui keindahan surga tersembunyi yang ada di Selayar? Anda dapat memilih untuk berkunjung ke pulau Bahuluang. Pulau ini menyimpan wisata bahari Selayar yang masih sangat alami dan terjaga. Di pulau Bahuluang, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah lengkap dengan pasir putihnya. Daratan kecil yang ada di pesisirnya terbentuk dari patahan karang yang terbawa arus. Tak hanya dapat dinikmati dari tepi pantai, Anda pun dapat menikmati keindahan bawah laut yang ada di pulau ini dengan berenang.

Pantai Pinang

Pantai sepertinya masih menjadi primadona wisata bahari. Indonesia yang terdiri dari gugusan pulau – pulau merupakan surga bagi para pecinta pantai – pantai indah. Bila Anda sedang berada di kepulauan Selayar, Anda juga dapat menikmati salah satu destinasi wisata bahari berupa pantai, yaitu pantai Pinang. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik untuk menghabiskan liburan, apalagi bagi Anda yang ingin berlibur dengan suasana tenang dan jauh dari kebisingan. Keunikan pantai Pinang adalah hamparan pasirnya yang membentang luas di antara perbukitan hijau dan air lautnya yang tampak berwarna biru muda dan sangat jernih. Tak hanya pemandangan pantainya yang indah, area ini merupakan tempat yang tepat dan menjadi spot diving dan snorkeling terbaik bagi Anda yang gemar menikmati keindahan bawah laut.

Batu Karapu

Potensi wisata bahari Selayar yang lain yang juga patut untuk Anda kunjungi adalah Batu Karapu. Destinasi wisata unik ini merupakan batu besar yang memiliki lubang di bagian tengahnya dan menjorok ke laut. Keunikan batu Karapu ini hampir mirip dengan destinasi wisata di Inggris yang cukup terkenal, yaitu Durdle Door. Dibandingkan Anda harus jauh – jauh ke Inggris, tentu akan lebih terjangkau bila Anda memilih berkunjung ke Selayar, bukan? Tak hanya menikmati keunikan Batu Karapu, disini Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas air menarik, mulai dari berenang, hingga snorkeling.